Macam-macam penyakit Umum yang terjadi pada Iguana - Ngingon.Com

Macam-macam penyakit Umum yang terjadi pada Iguana

Tentu Saja Iguana sebagai Makhluk hidup biasa juga tidak dapat dipisahkan dari Problem atau Masalah Penyakit. Nahh.. Pada kesempatan kali ini Ngingon akan Menjelaskan beberapa Masalah kesehatan atau Macam-macam penyakit yang sering terjadi pada hewan Reptil unik nan eksotis ini yaitu Sang Iguana.

Ada beberapa jenis penyakit umum yang dapat terjadi pada Iguana kesayangan anda salah satu nya adalah Penyakit BS (Bladder Stone)Meskipun salah satu penyakit ini dapat di obati saya sarankan kepada anda lebih baik segera
mencegah nya.

Beberapa masalah Kesehatan dan Penyakit yang Umum nya sering terjadi pada Iguana selain penyakit BS yaitu:

1. Penyakit Parasit

Penyakit parasit pada Iguana

Iguana rentan terhadap serangan parasit, baik ektoparasit (tungau) dan endoparasit (eaeing / protozoa). Kehadiran penyakit parasit umumnya disebabkan oleh kesalahan manajemen lingkungan. Gejala-gejalanya adalah iguana tampak lemah karena kekurangan gizi sehingga terjadi malnutrisi.

Diagnosis penyakit harus dilakukan di laboratorium untuk sampel tinja dan darah, baik untuk mengetahui penyebab penyakit iguana dan obat-obatan yang terpengaruh. Untuk Pencegahan Penyakit Jamur atau Parasit ini, anda perlu mengevaluasi sistem manajemen
secara keseluruhan.

2. Kelainan Pada Tulang / MBD

Penyakit MBD pada Iguana

Iguana adalah binatang yang sering mengalami kekurangan vitamin D, dan kalsium yang menyebabkan penyakit tulang keropos. Kekurangan kalsium terjadi ketika iguana hanya diberikan makanan monoton / itu-itu saja (misalnya Buncis terus). Sementara kekurangan vitamin D3 terjadi ketika kandang iguana anda tidak mendapat cukup sinar matahari.

Gejala tulang keropos meliputi lemah, gerakannya tidak gesit, dan rahang (terutama rahang bawah) mengalami pembengkakan, kaki dan ekor bengkak sehingga iguana kesulitan saat makan. Jika terus berlanjut, tulang akan bengkok dan tampak salah bentuk, tulangnya pun akan lebih mudah pecah atau patah.

Perawatannya memang memakan waktu lama dengan memberikan vitamin dan mineral melalui makanan atau injeksi. Perawatan dengan suntikan akan menunjukkan hasil yang
lebih cepat.

3. Luka pada Hidung Iguana (Rubbing)

Rubbing pada Baby Iguana
Iguana sering membenturkan hidungnya ke dinding kandang. Jika ini dilakukan berulang kali, hidung akan menjadi lecet atau terluka.

Lecet ini juga dapat terjadi karena iguana sering terganggu (terutama karena anak-anak). Untuk menghindari cedera lecet ini, silahkan anda lapisi bagian bawah sekitar sekitar 15-20 cm dengan plastik, serat, atau kain kasa tebal. Selain itu, peringatkan anak-anak untuk tidak
mendekati dan mengganggu iguana.

4. Kelumpuhan pada Ekor dan Kaki

Kelumpuhan pada kaki iguana (terutama pada bagian depan) dan ekor disebabkan oleh kekurangan vitamin B dan kalsium. Perawatan bisa dilakukan dengan memberi vitamin B,mineral dan kalsium, baik dengan suntikan maupun makanan untuk iguana.

5. Pembusukan Mulut

Iguana yang merasa lapar biasanya akan memakan apa pun yang mereka temui (termasuk benda kasar, keras, tajam atau beracun). Akibatnya mulut iguana akan mengalami luka yang akan membusuk jika lingkungan dan perawatannya tidak bersih dan higienis.

Gejalanya yang timbul pada iguana umumnya meliputi bengkak, mulut meradang, keluarnya nanah, air liur yang berlebihan, dan iguana akan sulit
untuk makan.

6. Patah Jari dan Ekor iguana

Kecelakaan yang sering dialami iguana yang dapat menyebabkan ekor patah, putus, dan sendi yang bergeser. Jari-jari iguana juga bisa mengalami keseleo, patah, atau kuku lepas. Kecelakaan ini dapat terjadi karena kesalahan Owner / Pemilik iguana dalam perawatan dan perawatan atau bisa juga di karenakan kesalahan dari iguana sendiri yang ingin mencoba membebaskan diri dari kandang
karena merasa tidak nyaman, entah itu kandang terlalu kering atau terlalu sempit.

7. Telur yang Membatu

Masalah umum yang biasa terjadi pada iguana Betina adalah Telur yang sulit keluar melalui kloaka yang dapat disebabkan oleh melekatnya beberapa telur, telur yang membatu (mumifikasi telur), atau telur salah bentuk. Telur yang menempel bisa keluar begitu saja, tetapi sudah pecah. Ini karena iguana betina menderita defisiensi mineral atau infeksi indung telur / uterus.

Anda dapat mendiagnosis nya hanya  melalui rontgen. Jika ada telur yang membatu, operasi harus dilakukan diikuti dengan pemberian
nutrisi seimbang.

8. Melepuh

Kandang yang kotor dan Lembab umumnya terjadi oleh feses, urin, sisa makanan, dll. Dapat membuat kaki, ekor, dan kulit iguana bersentuhan dengan kotoran tersebut yang lembab. Jika kejadian ini terus berlanjut, kulit iguana menjadi lunak, lembut, melepuh, bahkan menjadi luka karena kulit yang lembab dapat terkelupas dari tubuh iguana. Luka yang di biarkan terus menerus dalam waktu lama akan menyebabkan pembusukan (gangrene), bahkan dapat menyebabkan terjadinya Abses.

Kandang kotor penyebab Jamur pada Iguana

Untuk mengatasi masalah ini, iguana-iguana yang sakit dipindahkan ke kandang / tempat lain yang bersih, kering, lantai yang halus, dan kandang yang nyaman. Kandang lama seharusnya dibersihkan dan segera diberikan didesinfektan, kemudian dibiarkan kering, dan jangan letakan Iguana pada kandang tersebut selama dua minggu. Bersihkan luka Iguana dengan larutan antiseptik atau rivanol Betadin 1%. Jika abses terjadi, bersihkan nanah dan oleskan salep (penisilin, gentamicyn, atau neomisin) atau taburi bubuk sulfanilamide. Suntikkan antibiotik sistemik (Ampisilin, dosis 20 mg / kg berat badan) setiap hari selama 5-7 hari. anda juga perlu memberikan Salep dengan ditambahkan minyak (salep) agar tahan lebih lama. Juga berikan suntikan vitamin A (2.000 lU / kg berat badan iguana) dan vitamin e (20 mg / kg berat badan iguana) 1-2 kali seminggu. Kemudian beri yogurt putih atau kuning seminggu setelah dimulainya antibiotik. Dosis satu sendok teh selama 2-3 hari.

Itulah Beberapa Masalah Kesehatan yang Sering terjadi pada Iguana, Masalah kesehatan yang telah di sebutkan di atas terjadi juga karena adanya Kesalahan dari Owner / Pemilik iguana, atau bisa juga dapat di sebabkan oleh kesalahan Iguana itu sendiri.

Sekian Artikel dari saya tentang masalah yang mungkin terjadi pada kesehatan Iguana anda, Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Macam-macam penyakit Umum yang terjadi pada Iguana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel